Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya


Dalam pembahasan kali ini saya akan mencoba membahas tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya.
1.      Pengertian sumber daya alam
Banyak definisi tentang sumber daya alam. Berikut ini menurut para ahli, Sumber daya alam menurut Katili (1983) adalah semua unsur tata lingkungan yang nyata atau potensial dapat memenuhi kebutuhan manusia.sedangkan menurut Ireland (1974) sumber daya alam adalah keadaan lingkungan alam yang mempunyai nilai untuk memenuhi kebutuhan manusia. Suryanegara (1977) mengatakan bahwa secara definisi sumber daya alam adalah unsur - unsur lingkungan alam, baik fisik maupun hayati yang diperlukan manusia dalam memenuhi  kebutuhannya guna meningkatkan kesejahteraan hidup. Jadi, dapat disimpulkan Sumber Daya Alam adalah semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia.

2.      Pesebaran dan sumber daya alam di Indonesia
Negara kita merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Hampir semua sumber daya alam terdapat di negara kita. Sumber daya alam tersebut tersebar di seluruh nusantara. Masing - masing daerah memiliki berbagai sumber daya alam yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lain. Hal ini sesuai dengan kondisi alam di daerah tersebut. dapat kita lihat hampir diseluruh Indonesia mempunyai potensi hasil tambang.
Dan gambar yang dibawah ini adalah sumber daya alam hayati yang ada di Indonesia.

Adapun Faktor-faktor yang mempengaruhi keberadaan sumber daya alam Indonesia antara lain sebagai berikut :
a. Wilayah Indonesia terletak di wilayah tropis dengan curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan keanekaragaman jenis tumbuhan dapat tumbuh dengan subur. Oleh sebab itu, Indonesia kaya berbagai jenis tumbuhan.
b.     Indonesia terletak pada pertemuan jalur pergerakan lempeng tektonik dengan pegunungan nuda.
c.  Wilayah laut Indonesia kaya akan berbagai macam sumber daya nabati, hewani, mineral, contohnya ikan laut, rumput laut, mutiara dan tambang minyak bumi.

3.      Pemanfaatan sumber daya alam di indonesia
Telah kita ketahui Indonesia mempunyai potensi sumber daya alam yang banyak. Tapi terkadang potensi sumber daya yang dimiliki oleh Indonesia tidak dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berikut beberapan pemanfaatan sumber daya alam ;
a.    Pemanfaatan sumber daya alam nabati, antara lain :
1)      Sebagai sumber bahan pangan
2)      Sebagai sumber sandang, seperti : kapas
3)      Sebagai tanaman hias.
b.    Pemanfaatan sumber daya alam hewani, antara lain :
1)      Sebagai sumber bahan pangandan sumber sandang.
2)      Sebagai benda-benda hasil seni dan kerajinan tangan manusia.
3)      Meningkatkan nilai kehidupan dan nilai budaya manusia.
c.    Pemanfaatan sumber daya alam barang tambang antara lain :
1) Minyak bumi, digunakan untuk bahan bakar kendaraan, tenaga penggerak mesin pabrik, penerangan tanah.
2)      Gas alam, digunakan untuk bahan bakar rumah tangga dan industri.
3)  Batu bara, digunakan untuk bahan bakar pemberi tenaga dan bahan mentah untuk cat, obat-obatan, wangi-wangian, bahan peledak dan lain sebagainya.

4.      Pengelolaan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan.
Sumber daya alam yang ada sebaiknya dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya dan harus adanya timbal balik terhadap lingkungan. Maksudnya jika kita ingin menggunakan sumber daya yang ada maka kita tidak boleh merusak atau mengganngu suatu keutuhan yang lain. Seperti jika kita ingin menebang pohon maka sebelumnya kita harus memanam pohon, atau jika kita ngin menangkap ikan sebaiknya tidak menggunakan bahan peledak, karena itu akan merusak terumbu karang yang berguna bagi kehidupan laut.
Dan dalam pengelolaannya pun harus dipikirkan untuk kehidupan yang akan datang bukan untuk kehidupan sekarang saja. Agar generasi selanjutnya masih bisa merasakannya. Dengan pengelolaan dengan bijaksana maka yang saat ini “Tanah surga Katanya” maka bisa berubah “Negara Kita Tanah Surga” tanpa ada akhiran “Katanya”.

Daftar Pustaka
http://adeintannurani.blogspot.com/2011/07/pemanfaatan-dan-pengelolaan-sumber-daya.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayat Al-Qur'an yang membahas tentang Pelestarian Alam

Pembahasan Ekologi, Ekologi Manusia, dan Lingkungan Hidup